Thursday, June 9, 2011

Perawatan Untuk Kulit Normal

Kulit normal dapat berupa kulit yang normal condong berminyak atau normal condong kering. Urut-urutan perawatan kulit yang normal condong berminyak dan yang normal condong kering adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, setiap seminggu sekali hingga dua kali, buanglah sel-sel kulit yangs udah mati di permukaan kulit muka dengan scrub cream. Pilihlah scrub cream untuk jenis kulit yang sesuai. Paling baik melakukan pengampelasan kulit itu sebelum mandi. Setelah digosok dengan scrub cream, kulit langsung dibilas dengan air dan sabun. Praktis, bukan? Pengampelasan juga bisa dilakukan di luar waktu mandi, setelah kulit digosok dengan scrub cream, bilaslah dengan air dan sabun atau dengan lap atau handuk basah.

Pemakaian scrub cream biasanya disertai dengan gosokan dengan gerak memutar yang agak lama pada kulit, umumnya sekitar setengah sampai satu menit, agar butir-butir abrasiver pada scrub cream itu bekerja efektif. Selain kulti wajah, kulit badan pun perlu dilakukan pengampelasan/penipisan yang dapat disamakan dengan luluran cara tradisional.

Di samping untuk membersihkan kulit, mandi perlu dilakukan dua kali sehari untuk menyegarkan dan melembabkan kulit. Ibarat tanaman, kulit juga perlu disiram dengan air untuk membasahi dan melembabkannya, karena sebagian dari air itu akan diserap kulit lewat sistem osmosa.

Mandi dengan air saja memang sudah cukup menyegarkan dan melembabkan kulit, tetapi belum tentu membuat tubuh menjadi benar-benar bersih. Supaya bersih, gunakan sabun. Pilihlah sabun yang lembut, tidak mengandung soda (non-alkalis) dan dengan pH-seimbang. Sabun alkalis bila dipergunakan dengan air sadah, yaitu air tanah yang mengandung mineral, dapat menyebabkan pengendapan garam-garam mineral di pori-pori kulit yang dapat merusak kulit (gatal-gatal, jerawat dan sebagainya). Apapun sabun yang dipakai, bilaslah busa sabun itu dengan air sampai benar-benar bersih.

Sabun alkalis bila digunakan bersama air sadah dapat menyebabkan pengendapan garam-garam mineral di pori-pori kulit yang dapat menyebabkan gatal-gatal atau jerawat.

Selesai mandi dan kulit terasa bersih, mau tidak mau kita perlu mengeringkannya dengan handuk. Handuk ini sebaiknya cukup ditekan-tekan secara lembut dan perlahan-lahan pada kulit yang basah. Jangan menggosok-gosokkan handuk terlalu keras pada kulit sebab kulit yang baru selesai dibasahi menjadi agak empuk sehingga bisa "lecet".

Selesai memakai handuk,belum tentu kulit kita tetap bersih. Mungkin handuk itu secara tidak sengaja telah ditempeli debu atau kotoran, jamur atau kuman yang dapat merupakan sumber penularan penyakit. Karena itu handuk hendaknya selalu bersih.

Setelah itu untuk kulit wajah pakailah toning lotion jika kulit normal condong kering atau astrigent lotion jika kulit normal condong berminyak.  Basahi sepotong kapas dengan lotion penyegar tersebut, lalu usapkan dengan lembut dan merata ke seluruh kulti wajah dan leher, kecuali sekeliling mata dan bibir. Sedangkan pada bagianbadan yang lain langsung pakaikan lotion pelembabbadanyang dikenal sebagai body lotion. Kemdian diikuti dengan pemakaian bedak badan (body powder) supaya badan segar, wangi dan tidak lengket.

Apabila hendak melakukan kegiatan di luar rumah atau berolahraga di alam terbuka, kulit wajah dan bagian badan yang terbuka, misalnya lengan, dada dan tungkai bawah, perlu dilembabkan dan dilindungi dengan "tabir matahari". Jika kulit wajah kita agak berminyak, tidak perlu memakai krim pelembab. Jika ternyata sinar matahari, perlu juga memakai kosmetika pelembab kulit, misalnya moisturizing cream. Kemudian pakailah alas bedak atau foundation cair yang tidak mengandung minyak sehingga tidak menyebabkan kulit yang sudah agak berminyak ini menjadi terlalu berminyak.

Setelah memakai foundation, riasan dapat disempurnakan dengan memakai bedak, dalam bentuk bedak bubuk (face powder) atau bedak padat (compact powder). Dan, untuk remaja yang akan pergi ke pesta dapat menggunakan cat bibir dan riasan lainnya, tetapi hendaknya jangan berlebihan supaya tidak terlihat "menor" atau seperti topeng.

Pulang dari berpergian, semua kosmetika perlu dibersihkan bersama-sama dengan kotoran yang menempel pada kulit. Kosmetika yang sudah bercampur minyak dan kotoran itu dibersihkan dengan susu pembersih (cleansing milk). Caranya: tuangkan secukupnya di telapak tangan dan oleskan dengan jari-jari tangan pada seluruh wajah dan leher dengan gerakan memutar, digosok-gosokkan agak lama terutama di bagian hidung, dahi, dagu, sekitar mulut- daerah yang berminyak dan kotor - sehingga kotoran akan larut dalam susu pembersih ini. Kemudian bersihkan dengan handuk atau waslap basah. Pembersihan selanjutnya dilakukan dengan memakai lotion penyegar. Dengan demikian, kulit akan berada dalam keadaan yang bersih dan segar, dan kita dapat segera beristirahat atau tidur siang atau malam.

Selesai mandi sore, kulit dirawat seperti pada pagi hari, yaitu disegarkan dengan lotion penyegar. Setelah itu, kalau hendak bepergian sore ikuti cara berias speetri di pagi hari hanya tidak perlu memakai "tabir matahari".

Kita sebaiknya tidur dengan kulit bersih. Jangan malas-malas untuk membersihkan riasana ataupun bedak-bedak disaat akan tidur. Apabila malas untuk memakai sus pembersih, boleh langsung membersihkan wajah dengan sabun sekaligus berfungsi sebagai susu pembersih (facial cleansing soap).

Lakukanlah perawatan kulit ini setiap hari secara teratur dan dengan menggunakan ksometika yang baik dan aman, disertai dengan tidur yang cukup, susunan makanan yang baik dan olaharaga yang cukup. Dengan demikian, badan dan kulit akan selalu nampak bersih, sehat dan cantik.

No comments:

Post a Comment