Wednesday, June 8, 2011

Jenis-jenis Kosmetika Riasan II

Lanjutan dari artikel sebelumnya jenis-jenis kosmetika riasan adalah

(5) Pewarna Kelopak Mata (eye shadow)


Eye shadow adalah semacam bedak juga, yang lebih menyerupai bedak padat (compact powder), tetapi berwarna-warni untuk mewarnai kelopak mata. Warna cerah (higlighter) untuk bagian tengah kelopak mata dan di bawah alis, dan warna gelap untuk kedua bagian sisi kelopak mata. Salah contoh kombinasi warna adalah coklat-merah muda-biru. Jika pandai mengaturnya, kombinasi ini akan menyebabkan kelopak mata nampak sangat menarik.

Eye shadow dipakaikan pada kelopak mata dengan menggunakan kuas halus yang umumnya sudah disediakan oleh pabriknya dalam kemasan produk eye shadow tersebut. Kadang-kadang, untuk praktisnya eye shadow dikemas dalam bentuk pensil, yang dapat berisi dua warna atau lebih pada kedua ujung pensil tersebut.

(6) Pembuat garis mata (eye liner / kajal)


Kosmetika ini berbentuk cairan kental seperti krim yang dikemas dalam botol (eye liner)  atau berbentuk seperti bedak padat yang dimasukkan dalam kayu pensil (kajal),  digunakan untuk mempertegas garis mata pada tepi kelopak mata atas dan bawah, serta untuk mengubah penampilan garis mata agar mata yang kecilnampak menjadi besar (normal) dan mata yang terlalu besar nampak lebih kecil.

Kosmetika ini mengandung bahan-bahan mirip bedak padat, hanya lebih banyak mengandung lemak-lemak, misalnya lemak domba, lilin lebah, agar lebih melekat pada kulit serta mengandung zat perwarna yang tegas, misalnya hitam, biru atau hijau. Dari timur tengah ada eye liner yang berbentuk bubuk, yang dikatakan dapat juga untuk menjernihkan mata.

(7) Maskara

Maskara berguna untik mewarnai bulu mata agar lebih tegas, lebih panjang dan lentik. Di pasaran umumnya terdapat dalam bentuk cairan dan krim yang berisi warna-warna pilihan, antara lain hitam, biru dan coklat. Maskara umumnya dikemas dalam botol yang dilengkapi dengan sikat pengoles.

(8) Pensil alis (eyebrow pencil)


Pensil alis adalah sejenis pensil yang digunakan untuk mempertegas warna dan bentuk alis. Umumnya hanya terdiri dari warna hitam dan coklat . Terutama mengandung bahan-bahan dari lemak beserta zat warna yang dimaksud. Umumnya dilengkapi dengan sikat halus untuk merapikan alis.

Karena daya cipta manusia terus berkembang, maka jenis-jenis kosmetika riasan mungkin tidak hanya itu, melainkan masih akan bertambah lagi. Di samping itu, dapat juga dimasukkan sebagai pelengkap kosmetika riasan adalah minyak wangi atau parfum, meskipun sesungguhnya parfum termasuk dalam golongan tersendiri yaitu golongan perfumeries. Ada minyak wangi yang disebut eau de toilet, eau de parfum dan parfum. Perbedaannya terletak pada presentase zat pewangi di dalam cairan pelarutnya yang berupa alkohol. Eau de toilet terendah presentasenya, sedangkan parfum tertinggi.

No comments:

Post a Comment