Sunday, June 19, 2011

Bagaimana Cara Perawatan Kuku?

Pada remaja, perawatan kuku lebih ditekankan pada segi kebersihan dan kesehatannya, karena ada hubungannya dengan makanan yang dikonsumsi. Kuku yang terlalu panjang akan menyebabkan kesulitan pada waktu mengambil makanan. Kuku yang tajam-tajam akan melukai bibir atau lidah jika kita makan tanpa menggunakana sendok -ingat bahwa sendok garpu tidak selamanya ada dan banyak makanan yang enak dimakan tanpa menggunakan sendok garpu.

Usahakan kuku dipotong serapi mungkin. Kalau perlu terutama untuk remaja SD atau SMP yang masih kecil, kuku dipotong sependek mungkin, yaitu tanpa perlu menyisakan ujung kuku. Kuku juga harus diusahakan dalam keadaan bersih. Cepatlah mencuci tangan setiap terkena kotoran atau terasa kotor, terutama ketika mau makan -meskipun memakai sendokgarpu- karena biasanya, selama makan tangan selalu ikut-ikutan memegang makanan.

Bila kuku hendak dipanjangkan, terutama bagi remaja puteri yang sudah duduk di SMA atau perguruan tinggi, sebaiknya panjang kuku tidak lebih dari satu cm dengan ujung yang oval dan tidak runcingkan. Kebersihan kuku yang panjang harus lebih diperhatikan sebab kotoran masuk juga di bawah kuku. Permukaan bagian bawah kuku lebih kasar dan lebih lunak sehingga mudah ditempeli kotoran, kuman-kuman atau jamur. Kotoran di bawah kuku harus sering dikerok atau dibersihkan dengan teliti dan hati-hati.

Untuk kuku kaki, karena sifat dan penggunaannya yang agak berbeda dengan kuku tangan, perlu mendapatkan peraweatan yang agak lain. Kuku kaki tidak dipanjangkan tetapi tidak juga dipotong terlalu pendek, karena bagian ujung sisi kuku yang tumbuh dapat masuk ke dalam lekuk kuku sehingga menimbulkan rasa sakit pada lekuk kuku. Bahkan, kadang-kadang dapat menimbulkan luka disertai dengan infeksi kuman hingga bernanah.

No comments:

Post a Comment