Wednesday, June 15, 2011

Perawatan Bibir dan Gigi

Perawatan bibir termasuk dalam perawatan wajah. Pengetahuan tentang perawatannya perlu diketahui karena kesehatan dan keindahannya akan semakin mempercantik wajah.

Fungsi utama bibir secara alamiah adalah untuk menerima dan yang paling dulu mencicipi malanan karena bibir merupakan alat terdepan dalam saluran penerimaan makanan. Jadi, fungsi utama bibir ialah dalam soal makanan.

Meskipun makanan itu ada, tetapi tidak ada artinya bila tidak dapat masuk ke dalam tubuh kita. Makanan memang dapat dimasukkan ke dalam badan tanpa melewati bibir dan mulut, misalnya lewat suntikkan atau cara infus. Tetapi, cara ini tidak memberi kenikmatan karena kita tidak dapat mencicipi rasa makanan yang enak-enak dan beraneka ragam itu.

Jika bibir atau mulut pecah-pecah atau luka akibat tergigit, bibir akan terasa pedih apalagi ketika menerima makanan. Makanan menjadi tidak enak dan selera makan akan hilang atau berkurang.

Kesehatan bibir harus diutamakan untuk kesehatan seluruh tubuh. Banyak-banyaklah makan makanan yang mengandung vitamin C agar tidak sariawan. Hindari makanan yang panas dan pedas, makanan yang bergaram, misalnya kuaci atau buah-buahan yang bergetah, seperti duku karena akan menyebabkan bibir retak-retak.

Supaya bibir tidak retak-retak dan mengelupas karena kekeringan, peliharalah bibir agar selalu lembab atau basah dengan menggunakan pelembab bibir seperti sejenis lipstik yang tidak berwarna atau mengandung pelembab serta nutrisi, yang dinamakan lip conditioner. Gunakan pelembab ini ketika akan kelaur rumah dan di malam hari ketika akan tidur, terutama untuk bibir yang cepat kering. Gunakanlah lip conditioner supaya bibir tetap lembab dan cat bibir/lipstik menjadi lebih rata.

Untuk waktu-waktu tertentu, seperti ketika akan pesta kadang-kadang remaja puteri pantas memakai cat bibir/lipstik. Pilihlah cat bibir/lipstik yang terjamin keamanannya untuk bibir dan warna yang tidak mencolok atau sesuai dengan warna baju. Warna merah muda (pink) agaknya merupakan warna yang banyak disukai remaja dan dapat dikenakan untuk segala warna busana. Sebelum memakai lipstik, gunakan terlebih dahulu lip conditioner agar bibir lebih lembab, terlindung dan cat bibir/lipstik lebih rata.

Jika bibir terlalu besar atau terlalu kecil, bentuknya dapat diubah dengan memakai cat bibir/lipstik agar nampak lebih sesuai. Untuk bibir yang lebar, jangan memoleskan cat bibir/lipstik sampai ke tepi-tepinya, tetapi cukup sampai batas-batas yang menyebabkan bibir nampak tidak begitu lebar. Jika bibir terlalu tebal dengan cat bibir/lipstik juga dapat dibuat agar nampak tidak terlalu tebal. Sebaliknya, jika bibir kurang lebar atau terlalu tipis, dengan cat bibir/ lipstik dapat dibuat lebih lebar atau agak tebal. Penggunaan pensil lipstik adalah untuk memberi batas-batas bentuk bibir.

Meskipun bibir anda telah cantik, jika gigi jelek, berwarna kuning, kotor, ompong tidak rata atau mulut berbau karena gigi berlubang dan busuk karena kurang perawatan, maka kecantikan wajah anda dan nilai kita akan berkurang. Karena itu, gigi anda perlu dirawat sebaik-baiknya. Untuk itu, setiap selesai makan anda harus gosok gigi, paling tidak harus berkumur-kumur. Yang pasti, anda harus sikat gigi paling sedikit dua kali sehari, sebaiknya pagi dan malam hari ketika hendak tidur, agar selama tidur gigi dalam keadaan yang bersih.

No comments:

Post a Comment