Monday, June 6, 2011

Kosmetika Riasan (Make Up)

Kosmetika riasan adalah kosmetika yang diperlukan untuk merias untuk memperindah penampilan kulit dengan warna-warni yang menarik dan sering disertasi dengan zat pewangi untuk sekaligus mengharumkan bau kulit yang dirias.

Tujuan pemakaian kosmetika riasan ialah untuk mendapatkan kecantikan yang seketika (instant beauty) dan lebih bersifat psikologis untuk menimbulkan rasa percaya diri yang lebih besar. 

Dengan kosmetika riasan, kulit memang akan nampak lebih indah, semarak dan menarik. Tetapi, jika produsennya kurang teliti atau kurang bertanggung jawab atau cara pemakaiannya salah, maka kosmetika riasan dapat menimbulkan berbagai gangguan dan kelainan pada kulit, misalnya gatal-gatal, kemerahan, bengkak, noda-noda hitam atau kelainan-kelainan yang lain dalam bentuk iritasi atau alergi yang diakibatkan oleh zat-zat perwarna atau pewangi yang kurang baik atau bersifat fotosensitif, yang jika terkena sinar matahari dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit.

Zat warna umumnya mengandung logam berat, entah memang karena komposisi zat warna itu sendiri atau merupakan pengotoran dari luar. Syarat untuk logam berat itu adalah kandungannya tidak boleh lebih dari 20 ppm (parts per million) dan logam itu sendiri bukan merupakan logam yang meracun (toksis).

Oleh karena itu, hati-hatilah dalam memilih dan memakai kosmetika riasan. Pilihlah kosmetika riasan yang aman. Pakailah seperlunya pada siang hari, sedangkan pada malam hari  lebih aman karena tidak ada sinar matahari. 

"Berhati-hatilah dalam memilih dan memakai kosmetika riasan karena mengandung zat pewarna dan zat pewangi yang dapat bersifat fotosensitif"

No comments:

Post a Comment