Monday, May 2, 2011

Tips Mencegah Jerawat

Jerawat adalah peradangan yang disertai dengan penyumbatan pada saluran kelenjar minyak kulit dan rambut. Karena tersumbat, minyak kulit (sebum) itu tidak dapat keluar dan mengumpul di dalam salurahn sehingga saluran itu membengkak dan terjadilah komedo.
Bagaimana cara menghindari komedo?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menhindari timbulnya jerawat:

1. Jagalah selalu kebersihan kulit dan rambuy. Pakailah sabun mandi dan sampo yang baik, terutama yang keasamannya telah disesuaikan dengan pH kulit agar tidak merusak kulit dan rambut. Sepulang dari bepergian atau sebelum tidur, bersihkan muka dengan susu pembersih dan lotion penyegar. Untuk menghindari penyumbatan saluran kelenjar minyak, sebaiknya sel-sel kulit mati diangkat dengan cara scrub cream 1-2 kali seminggu.

2. Usahakan selalu berjiwa dan berpikiran tenang. Hindari selalu pikiran yang gelisah.

3. Hindari pemakaian kosmetika yang lengket dan berminyak. Kulit remaja umumnya berminyak karena kelenjar-kelenjar minyak kulitnya sedang aktif-aktifnya sehingga pemakaian kosmetika yang lengket dan berminyak akan memacu timbulnya jerawat. Karena itu pakailah kosmetika yang sedikit atau tidak mengandung minyak.

4. Hindari rambut yang terlalu berminyak. Jika kulit kepala sudah banyak mengeluarkan minyak, sering-seringlah di cuci dengan shampo, misalnya dua hari sekali, bahkan setiaphari. Jika minyak berasal dari luar misalnya dari minyak rambut hendaknya pemakaiannya di hentikan atau dikurangi. Selain itu, sebaiknya rambut tidak panjang dan menutupi dahi atasu seluruh wajah.

5. Kurangi sedaoat mungkin makanan yang berlemak dan pedas serta hindari alkohol.

6. Berolahragalah yang cukup dan teratur. Olahraga yang teratur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Haid yang tidak teratur pada remaja puteri yang biasanya dapat menjadi teratur kembali.

7. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya terutama waktu bangun tidur pagi. Sebaiknya, minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Air putih akan memperbaiki pencernaan.

8. Makanlah sayuran hijau dan buah-buahan segar. Sayuran hijau dan buah-buahan segar terutama yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, apel dan pepaya sangat baik untuk kulit. Juga pencernaan makanan akan lebih baik lagi sehingga memperlancara pembuangan kotoran.

1 comment:

  1. thanks for the article,,very beneficial and informative

    ReplyDelete