Monday, May 30, 2011

Kosmetika Perawatan Kulit Bag. II

(3) Kelompok Kosmetika Pelembab Kulit


Untuk remaja, kelompok kosmetika pelembab ini hanya diperlukan untuk jenis kulit kering dan kulit yang normal jika hendak berolahrahga di alam terbuka di bawah sinar matahri atau diruang ber -AC dan dipegunungan. Kulit yang berminyak tidak perlu memakai pelembab karena bersama debu dan kotoran akan menyumbat pori-pori kulit dan jerawat akan timbul.

Kosmetika pelembab umumnya berbentuk krim seperti moisturizing cream atau berbentuk lotion seperti base lotion yang dipakai sebagai dasar sebelum berdandan.

Ke dalam kosmetika pelembab sering dimasukkan bahan-bahan yang dapat memberi makanan kepada kulit, misalnya vitamin E dan A, kolagen, elastin yang berguna untuk memperbaiki kondisi kulit. Kosmetika ini misalnya vitamin cream, renutri cream, night cream. Umumnya dipakai waktu istirahat sore atau malam hari. Kosmetika pelembab untuk kulit badan umumnya disebut body lotion, yang berfungsi juga untuk mewangikan badan.

Akhir-akhir ini populer pemakaian pelembab kulit yang bukan berupa lemak untuk dilapiskan pada permukaan kulit guna menahan penguapan air permukaan kulit, tetapi berupa bahan lemak alam yang dapat masuk ke dalam kulit, menambah kadar air kulit dan menahan penguapan air kulit dari lapisan kulit yang lebihd alam dan dapat dipakai untuk semua jeni skulit, termasuk kulit yang berminyak sekalipun. Bahan ini dinamakan liposome, terbuat dari bahan alam seperti kuning telur dan kacang kedele.

Liposome yang berupa bola mikroskopis berongga, dindingnya terdiri dari dua lapis (bilayer) molekul lemak alam (fosfolipid) yang mudah meleburkan diri ke dalam lemak antar sel kulit dan menahan penguapan air kulit dan di dalam rongganya terdapat air yang setelah liposome itu lebur akan menambah air kulit.

Baik di dalam lapisan dinding liposome yang terbuat dari lemak alam itu maupun di dalam air rongganya, dapat ditambahkan bahan-bahan yang dapat memperbaiki kondisi kulit, misalnya vitamin C dan E. Tetapi yang terkenal ialah bahan glikoprotein dan ekstrak kelenjar thymus anak sapi yang memberi nutrisi dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit muda kulit.

Liposome yang diisi bahan-bahan tersebut dinamakan Loaded Liposome, sedangkan yang hanya berisi air disebut Empty Liposome (liposome kosong). Loaded Liposome banyak digunakan di dalam krim anti ketuaan (Anti Aging Cream with Loaded Liposome), yang sangat baik untuk dipakai pada semua jenis kulit sejak dari usia remaja.

(4) Kelompok Kosmetika Pelindung Kulit


Mengingat bahaya-bahaya dari sinar matahari, kulit jenis apapun pada wajah dan seluruh bagian badan yang terbuka perlu dilindungi dari sinar matahari.
Untuk melindungi kulit dipakai bahan-bahan yang dapat menolak dan menyerap sinar matahari yang kita kenal mengandung sinar ultraviolet. Untuk orang Indonesia/Asia umumnya dipergunakan bahan-bahan yang tidak boleh menambah pigmen kulit lebih cokelat,misalnya PABA  (Para Amino Benzoic Acid) yang umumnya dipakai sebagai bahan dalam "tabir matahari" (sun screen) orang barat yang berkulit putih bila ingin menjadi coklat (tanned). Bahan-bahan penolak sinar matahari ini dimasukkan dalam kosmetika yang berbentuk cream atau lotion yang biasanya dipakai sebagai alas bedak.


(5) Kelompok Kosmetika Penipis atau Pengampelas Kulit


Tujuan utama pemakaian kosmetika penipis/ pengampelas kulit adalah untuk mengangkat atau membuang (peeling) sel-sel kulit yang sudah mati pada lapisan tanduk kulit agar tidak menumpuk. Penumpukan sel-sel kulit yang mati ini akan mengakibatkan terjadinya penebalan kulit dan penyumbatan pori-pori kulit yang dapat berakibat lebih jauh berupa terjadinya jerawat. Di samping untuk mengangkat sel-sel kuit yang sudah mati, kosmetika ini juga digunakan untuk membersihkan kulit secara mendalam, sehingga sering juga dimasukkan dalam kelompok kosmetika pembersih kulit.

Daya untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati ini timbul karena ke dalam kosmetika ini dimasukkan butiran-butiran kasar yang dinamakan abrasiver. Abrasiver atau scrub artinya pengampelas. Karena itu, kosmetika penipis/pengampelas kulit diberi nama scrub cream (krim pengampelas). Butiran-butiran kasar itu dapat juga dimasukkan dalam sabun terutama sabun cari, sehingga terbentuklah apa yang dinamakan scrub soap.

Kosmetika penipis/pengampelas kulit juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu membersihkan kulit secara mendalams ampai ke pori-pori kulit, menghaluskan permukaan kulit, merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru dan masih segar, serta memperbaiki aliran darah ke kulit karena sewaktu digunakan kulit sambil dipijat (massage). Selain untuk kulit wajah yang dapat dipakai satu sampai dua kali seminggu, scrub cream sangat berguna untuk dua kali seminggu, scrub cream sangat berguna untuk kulit badan dan dapat dipakai lebih dari dua kali seminggu.

Termasuk dalam kelompok kosmetika penipis/ pengampelas kulit ini adalah masker wajah (face mask) yang mengandung bahan-bahan pembersih kulit seperti kaolin dan borak, Remaja cukup menggunakan masker wajah ini satu atau dua kali sebulan.

(bersambung)

No comments:

Post a Comment