Tuesday, May 24, 2011

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kulit

Matahari merupakan salah satu dari faktor-faktor yang ada dalam lingkungan sekitar kita yang mempengaruhi kulit. Faktor-faktor lainnya adalah panas dinginnya udara atau kuman-kuman dan jamur yang beterbangan terbawa angin. Semua ini ada yang berpengaruh baik atau buruk terhadap kulit kita. Yang berpengaruh baik, seperti sedikit sinar matahari pagi, tentu saja dapat diambil, sedangkan yang berpengaruh jelek harus dihindari.

Dalam kehidupan sehari-hari, kadang-kadang kita tidak bisa menghindari faktor-faktor dalam lingkungan alam, misalnya kita tidak dapat menghindari faktor-faktor dalam lingkungan alam, misalnya kita tidak dpaat menghindari sinar matahari ketika sedang berolahraga di alam terbuka. Di sinilah perlunya pemakaian kosmetika dan alat-alat pelindung kulit, untuk menghindari kulit kita dari faktor-faktor yang merugikan. Perlindungan terhadap kulit ini akan mencegah kerusakan pada kulit dan rambut.

Kulit Kepala


Kulit kepala agak berbeda dengan kulit lainnya pada wajah dan tubuh karena pada kulit kepala tumbuh banyak rambut yang lebih tebal, lebih panjang dan tertanam lebih dalam.

Di kulit kepala juga terdapat lebih banyak pembuluh-pembuluh darah sehingga jika terluka akan keluar banyak darah. Aliran darah yang banyak di kulit kepala ini berfungsi untuk memberi makan kepada akar rambut supaya subur menumbuhkan rambut, kecuali jika ada gangguan-gangguan dari dalam badan maupun dari luar badan.

Kulit kepala bersama-sama dengan gumpalan rambut berfungsi antara lain melindungi tengkorak kepala dari hantaman luar, sedangkan tengkorak kepala itu sendiri berfungsi melindungi organ tubuh yang paling vital, yaitu otak. Jadi, secara tidak langsung, kulit kepala dan rambut sangat penting bagi kita untuk melindungi otak kita. Selain fungsi melindungi otak, rambut juga mempunyai fungsi yang lain, misalnya untuk menimbulkan daya tarik seseorang.

No comments:

Post a Comment