Monday, May 23, 2011

Tipe-Tipe Kulit

Termasuk jenis apakah kulit yang anda miliki? Pengetahuan tentang jenis kulit sebaiknya kita ketahui karena ada hubungannya dengan perawatan kuilit sebaiknya kita ketahui karena ada hubungannya dengan perawatan kulit yang harus kita lakukan. Tipe kulit ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi kulit, antara lain produksi minyak kulit (sebum), kadar air pada lapisan kulit, keadaan lapisan tanduk, kecepatan pergantian sel-sel pada lapisan tanduk dan kondisi-kondisi lingkungan di luar kulit.

Dari faktor-faktor di atas, dapat ditentukan tiga kemungkinan tipe kulit, yaitu kulit normal, kulit berminyak dan kulit kering.

Pada umumnya, kelenjar minyak pada remaja masih aktif memproduksi minyak sehingga kulit remaja termasuk tipe kulit berminyak atau normal condong berminyak. Namun, karena beberapa sebab, bisa saja ada remaja yang kulitnya termasuk tipe kering dan cepat keriput menua.

Kulit yang terlalu berminyak, kulit yang kering atau kulit yang terlalu cepat keriput menua merupakan keadaan yang kurang normal pada remaja. Dengan perawatan kulit dan pemakaian kosmetika perawaqtan kulit yang tepat serta dibnatu dengan usaha-usaha yang lain, seperti penjagaan makanan yang baik, tipe kulit yang kurang normal itu sering masih dapat diperbaiki.

Tanda -tanda tipe kulit yang normal antara lain tidak kering, cukup lembab tapi tidak terlalu berminyak, jika diraba terasa lembut seperti beludru dan pori-porinya kelihatan tetapi tidak lebar-lebar.

Tanda-tanda tipe kulit yag kering adalah nampak kering, bersisik halus, mengeriput dengan garis-garis kulit yang jelas, tidka lentur dan pori-pori hampir tidak kelihatan.

Kulit dinamakan tipe kulit berminyak jika terlihat dan teraba sangat berminyak, permukaan kulit terasa kasar dan tidak tertaur, mengkilap serta pori-pori sangat jelas dan lebar-lebar.

Kulit dikatakan sebagai kulit yang terlalu cepat menua atau menua sebelum waktunya bisa tadinya kulit yang normal atau agak berminyak tetapi karena pengaruh-pengaruh yang mengeringkan kulit dalam waktu yang agak lama seperti pemakaian  kosmetika yang terlalu alkalis, sakit demam yang lama, gangguan dalam keseimbangan makanan, terlalu banyak terjemur di bawah terik sinar matahari atau karena dalam lingkungan yang dingin dan kering, misalnya AC dan hawa pegunungan- berubah menjadi kulit kering.

Nah..dengan mengetahui jenis kulit anda, maka anda bisa memilih kosmetika sesuai dengan kebutuhan kulit :)

No comments:

Post a Comment