Wednesday, May 18, 2011

Cara-Cara Pemeliharaan dan Perawatan Rambut

Dasar pokok perawatan rambut supaya tidak rusak dan rontok adalah dengan menghindari penyebab-penyebab kerusakan rambut tersebut serta merawat rambut dan kulit kepala secepat-cepatnya.

Cara-caranya:

(1) Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala.
Cucilah rambut dan kulit kepala secara teratur dengan menggunakan sampo an conditioner  yang baik, tidak mengiritasi kulit kepala dan mempunyai keasaman seimbang. Untuk rambut kering, cucilah 3-5 hari sekali karena kulit kepala tidak begitu banyak mengeluarkan minyak (sebum). Untuk rambut yang cepat kotor dan lengket cucilah 2-3 hari sekali kalau perlu setiap.

(2) Sisir atau sikat rambut setiap hari.
Rambut yang tidak disisir rapi dan kusut, disamping nampaknya tidak menarik dan jorok, akan lebih mudah terkait atau terbetot. Untuk menyisir rambut, pilihlah sisir atau sikat yang aman untuk rambut dan kulit kepala, yaitu yang giginya tidka rapat, tidak tajam dan tidak kasar sisinya sehingga tidak melukai kulit kepala serta merusak bahkan membetot rambut sehingga rambut akan banyak rontok.

(3) Masase atau urut kulit kepala setiap hari.
Masase dilakukan untuk melancarkan peredaran darah ke kulit kepala dan akar rambut. Gunakan ujung-ujung jari. Bila kuku jari tangan panjang, hati-hatilah agar kuku jangan sampai melukai kulit kepala. Jangan sampai ada rambut terdorong kuat ke samping sehingga tercabut. Pada rambut yang sedang mengalami kerontokan, pengurutan hendaklah dilakukan dengan lembut.

(4) Jangan menganggu atau menghambat peredaran darah ke kulit kepala dan akar rambut.
Akar rambut memperoleh makanan lewat darah yang mengalir dalam kulit. Jika peredaran darah ini terhambat atau terganggu, misalnya karena ikat kepala atau topi yang terlalu ketat, dengan sendirinya akar rambut dan rambut akan tidak sehat. Jangan menggunakan alat penggulung rambut sepanjang hari.

(5) Hindari kelembaban rambut dan kulit kepala.
Rambut dan kulit kepala yang lembab dan panas mudah ditumbuhi oleh jamur dan sejenisnya. Karena itu, khususnya remaja putri yang memakai jilbab hendaknya menghindari kelembaban rambutnya dengan sering membukanya dirumah.

(6) Gunakan tonik rambut setia hari.
Untuk menyehatkan akar rambut dan kulit kepala gunakan tonik rambut 1-2 kali setiap hari.

(7) Pandai-pandailah mempola rambut.
Demi kesehatan rambut sendiri dan pantasnya model rambut sehingga tidak terlihat "aneh" dan "norak", hati-hatilah dalam mencari model rambut. Usahakan modelnya manis dan cocok untuk wajah, tetapi yang tidak merusak rambut dan menganggu peredaran darah ke kulit kepala dan akar rambut. Hati-hatilah dengan bahan pemola rambut, misalnya form, hair spray, styling mousse, obat pengering dan pelurus rambut.

(8) Bijaksanalah dalam menyusun menu makanan
 Patuhilah susunan akanan yang baik dari Departemen Kesehatan yaitu "empat sehat, lima sempurna". Karena, di dalam susunan makanan itu, sudah terkandung protein, karbohidrat, sedikit lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut. Hindari makanan yang terlalu berlemak karena akan mempengaruhi kulit menjadi berminyak , baik kulit kepala maupun kulit badan atau berjerawat. Juga jangan terlalu banyak makan garam. Sebaiknya banyak minum air putih, terutama waktu bangun tidur pagi, serta banyak makan sayur-sayuran hijau, buah-buahan segar. Kurangi makanan kaleng, keju, dan es krim karena semuanya itu mengandung banyak bahan pengawet.

No comments:

Post a Comment